Jogjakarta, sejenak yang indah. #jogjaTrip

hari senin Siang itu ditengah kerja, seorang teman saya bertanya.

“Long Weekend ini kemana lu?”

Saya diam dan sadar bahwa saya bahkan tidak tahu bahwa ada long weekend minggu ini.ya walau liburnya ternyata hari kamis. mengingat saya adalah orang yang sering buang-buang long weekend, kali ini saya bertekad jalan-jalan refreshing. kemana? urusan nanti. yang penting niat dulu. awalnya saya ingin balik ke Palembang, tapi ya mendadak mau merasakan satu hal baru. setelah bongkar-bongkar Tiket.com saya memutuskan untuk ke jogja. dengan kondisi saya tidak tahu jogja karena sama sekali tidak pernah kesana. untuk transportasinya saya tadinya memilih peswat, tapi selain karena budgetnya bias dialihkan buat jalan-jalan, saya juga mau merasakan naik kereta. karena saya seumur-umur hanya  kali naik kereta itupun waktu SMP. so trip dadakan ini seru. ketempat yang pertama kali saya tahu dan naik kendaraan yang sebelumnya hanya pernah satu kali saya naiki.

Dan akhirnya tiba saatnya, berbekal tiket yang sudah di print saya menuju stasiun dan mulai naik kereta. berangkat jam 6 pagi dan sampai jam 3. bosan juga melamun sambil baca buku-buku yang saya bawa. tapi pemandangan hijaunya memberikan terapi relaksasi yang menyenangkan.

Sesampai di jogja, saya memilih untuk menginap dihotel Grand Sentana. tidak mahal dan dekat dengan pusat keramaian jogja. dan berdasarkan panduan seorang teman, saya memilih untuk menikmati jogja dengan mbecak. dan bagi saya yang berasal dari sumatera, becak di jogja itu murahnya luar biasa, jalan jauh masih mau nerima 10rb.

Malam itu saya pergi ke Malioboro. menikmati suasana malamnya yang ramai. karena lapar saya membuka dengan makan nasi gudeg. saya tidak suka nasi gudeg, karena terlalu manis untuk orang sumatera. tapi karena saya sedang di jogja, saya sudah berjanji kepada diri untuk makan nasi gudeg. dan pada saat yang sama, saya didatangi oleh Pengamen yang menyanyikan lagu Yogyakartanya Kla Project. wuih, saya sudah lama menunggu momen ini. serius! lalu saya melanjutkan perjalanan menyisiri pinggiran malioboro. saya menonton musisi-musisi perkusi jalanan yang atraktif banget! benar-benar Musisi pokoknya. hal yang saya susah temui suasanyanya di Jakarta. dan malam itu saya tutup dengan nongkrong di angkringan. Pokoknya salah satu misi saya ke Jogja adalah Kopi Joss! penasaran sama kopi yang dicelupin areng. ternyata entah sugesti atau tidak, rasanya enak banget. ditambah dengan Sate keong yang sedap. dan Murah nya parah. makan sebanyak apapun disana murah banget!

Dan keesokannya memang saya sudah merencanakan Trip sebenarnya. dimulai dengan mengunjungi Benteng Vredeburg. Benteng ini menyimpan banyak kisah perjuangan Indonesia di Jogja dalam bentuk bangunan, patung maupun diorama. dan memang untuk saya yang hobi ke Museum, perjalanan ke tempat seperti ini selalu menyenangkan. seperti merasakan langsung suasana jaman perjuangan kemerdekaan itu.

Setelah itu termasuk yang saya tunggu-tunggu selama ini, yaitu mengunjungi keraton Jogja. dari benteng ke keraton saya masih menggunakan becak, dan ini seger dan sangat jogja banget! setiba di Keraton, saya menumpahkan perhatian saya secara penuh di setiap nilai-nilai sejarah yang ada di barang-barang dan bangunan yang masih rapih tersimpan. dan memang menarik sekali ketika saya melihat lukisan-lukisan Sultan dulu hingga kini. dan ketika mendengar para abdi istana “nembang” inipun memberikan pengalaman yang seru.

Setelah itu, saya menuju permandian putri Jogja, oke.. saya tidak berharap ada putri jogja disana. tapi itu memang tempat yang indah sekali, saya membayangkan ketika tempat itu masih aktif dipakai (doh). setelah itu, saya teringat disuatu acara yang menampilkan perjalanan kejogja, ada pohon beringin kembar yang kerap dikunjungi orang-orang. dan legendanya, apabila anda berhasil jalan dengan mata tertutup dan melalui area diantara pohon tersebut, doa anda akan terkabul. saya tidak mempercayai hal ini, tapi demi serunya trip kali ini ya tidak apa apa toh. dan jikalau memang berhasil, anggap saja itu doa yang bias diaminkan. dan ketika mencoba, ternyata saya berhasil melewati area antara pohon itu, bahkan sangat lurus ke tengah. :D

Perjalanan ke jogja kali ini menyenangkan, akhirnya besok paginya saya siap-siap menuju Jakarta kembali karena minggu saya sudah membuat beberapa jadwal bersama sahabat-sahabat. sabtu itu saya menuju stasiun tugu jogja yang tidak jauh dari tempat tinggal saya, dan saya benar-benar menikmati detik-detik sebelum saya kembali ke Jakarta.

teman, tahukah anda apa alas an saya ke jogja? saya ingin melakukan validasi terhadap lirik lagu Jogjakarta yang dinyanyikan oleh Kla project. ini serius. lirik lagu itu benar -benar menyentuh dan membuat saya ingin mengenal jogja.

hasilnya? saya mengamini bahwa Kla Project menciptakan lagu yang sangat relevan dengan situasi aslinya. Jogja itu Indah.

 

 

satu lagi hadiah dari saya:

http://www.youtube.com/watch?v=9j1WdDKNhi4&feature=youtu.be

About Author

Mohamad Ario Adimas
Penulis saat ini aktif sebagai praktisi di dunia Komunikasi pemasaran industri telekomunikasi.

3 Comments

  1. eojdlanor2

    Udah lama deh gue gak jalan-jalan begini, pengennnnnn… Kayaknya gue kudu musti nih! Pengen ke Surabaya sih, cuman belum kesampaian… Hehehehe

    Reply
  2. trisa lestari

    Jogja indah! tulisan ini bikin kangen jogja!

    Reply
  3. Ibnu Fajar Habiby

    Harusnya mampir ke Ullen Sentalu. Di sana sejarah kerajaan Jogja lebih dipaparkan jelas. Kembalilah ke Jogja. :D

    Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *