Saya Ngetweet apa nih? ini dia solusinya.

saya beberapa kali punya pengalaman memperkenalkan Twitter pada orang-orang yang sama sekali belum mengenal apa itu twitter.

Ngetwit apa ya?

biasanya pada awalnya mereka akan bingun dengan segala keterbatasan Twitter. mereka cenderung sudah nyaman dengan facebook yang lebih memiliki banyak konten yang bisa dieksplor. sedangkan masuk twitter itu seperti masuk kekerumunan orang yang lagi ngobrol rame-rame. persis.

tapi pada akhirnya cukup banyak yang cenderung mulai menikmati. nah masalahnya, sebagian besar menikmati dalam hal mengamati. ya tidak bisa dipungkiri.. sungguh asyik mengamati kehidupan orang2 yang difollow. mengamati pemikiran yang mereka sebar. tapi ya itu, jadinya hanya mengamati.biasanya beberapa menit sekali secara otomatis mereka cek Twitter di Hp, scrolling dan lihat timeline dan langsung tutup lagi.

sebagian besar justru mereka tidak ngetwit. mengapa? rata-rata mereka tidak tahu mau twit apa. dan rata-rata bingung dan minder melihat orang-orang yang twitnya asik-asik, pada berbobot, pada ngobrol sama influencer atau pada banyak follower. jadi merek memilih membaca saja. come on, justru asyiknya twitter ketika anda sudah mulai resmi bergabung untuk berceloteh di Twittland. untuk membantu anda mengatasi masalah “Bingung Ngetwit apa” saya coba kasih beberapa tips:

1. Twit apa yang melintas di kepala. no problem apa kata orang. mau dibilang anda nyampah atau twit ngga penting, ini cara paling tepat untuk anda membiasakan diri menggunakan twitter. anda twit saja apa yang terfikir dan terbesit. apa yang cukup menarik yang sedang dilihat. apa peristiwa yang tiba-tiba terlintas. twit saja. nanti perlahan-lahan anda menemukan intensitas yang ideal.

2. Sering-sering ikut Permainan hashtag. di indonesia, permainan Hashtag adalah hal yang sangat populer. ada #Kemudianhening #CabangSeagamesGalau #GantiJuduldenganVoldemort #NurdinTurun dan lain-lain yang dijadikan seru-seruan bersama. jangan cuma membaca, ikut dan latih kreativitas anda dengan coba2 bermain kata-kata disana. temukan serunya.

3. Sering mengomentari orang. sekali lagi apabila ada yang menarik di timeline, segera komentari dan sampaikan opini anda, selain menambah kenalan ini melatih anda untuk lebih hidup ngetwit. tapi pastikan pakai fitur reply yang benar. bukan yang mengotori timeline.

4. LiveTwit!. anda sering mengikuti acara? cobalah untuk sesekali livetwit seakan-akan anda wartawan yang sedang meliput. ini terkadang menarik juga dibaca teman. dan ini juga kerap mengundang pembaca untuk berkomentar. dan anda akan menemukan asyiknya ngetwit disana.

5. Kultwit. mungkin ini kerap dianggap menyebalkan ke banyak pihak. tapi mencoba kultwit adalah salah satu cara untuk membiasakan diri anda ngetwit. dan mencoba menempatkan posisi anda sesekali menjadi tokoh yang sedang didengar (walaupun belum tentu didengar hehehe). dan lewat kultwit biasanya anda memiliki pembaca-pembaca setia apabila memang materinya dianggap menarik sehingga anda merasa memiliki kewajiban untuk ngetwit lagi.

6. Jalin juga pertemanan di Offline. ikutlah kopdar atau mulailah ajak teman-teman twitter kongkow. asyiknya aktivitas di offline bisa menghidupkan komunikasi online dengan lebih asyik. dan ini bisa memacu anda untuk sering ngetwit.

7. Sekali lagi Twitlah apa yang anda ingin twit. sebenarnya kebanyakan twit yang hadir di indonesia tidak sepenuhnya berisi konten yang benar-benar berguna. kebanyakan isinya mengenai kehidupan sehari-hari dan banyolan. tapi disitulah seninya. kita harus mengemas hal yang bersifat tidak penting pun menjadi nyaman dibaca konsumen. twit yang kebanyakan hadir sekarang adalah hal sehari-hari tapi dikemas lucu dan menarik. dapat anda coba.

semoga dengan tips diatas, anda tidak bingung lagi “mau ngetwit apa saya hari ini?”

About Author

Mohamad Ario Adimas
Penulis saat ini aktif sebagai praktisi di dunia Komunikasi pemasaran industri telekomunikasi.

4 Comments

  1. cmeythasari

    Bahasannya keren nda, plus kesindir juga. hihi
    Siap diaplikasiin :D

    Reply
    1. arioadimas (Post author)

      hahahahahha penting tuh untuk dipelajari. :D
      semakin giat ngetwit yaaa

      Reply
  2. Paul Sanchez

    Very informative post. Thanks for taking the time to share your view with us.

    Reply
    1. arioadimas (Post author)

      thanks for visiting my post. :)

      Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *