Apa itu Twitwar?

pagi-pagi ini sedang asik-asiknya duduk dan nonton Helen of Troy di HBO. sambil sesekali cek timeline.

pemandangan yang cukup sering terlihat dari twitter dihari libur adalah twitwar. sesuatu yang terkadang menarik disimak dan terkadang menyebalkan kalau sudah jadi debat kusir. dan hari ini akun yang perang adalah oknum dari ICW dan oknum yang sempat heboh karena berhasil Skype-ing dengan salah satu tersangka korupsi dan diliput oleh media nasional.

mengenai pembahasannya, saya tidak berminat membahasnya lebih dalam. karena ya standar, awalnya menarik. ketika meruncing dan tidak menemukan titik temu, mulai saling serang kesalahan dan isu jelek masing-masing yang sama-sama belum pasti.

didunia twitter, istilah twitwar ini punya artian “Perang” antara dua akun mengenai satu pembahasan tertentu. twitwar biasanya sudah dibedakan dari sekedar adu opini. karena biasanya berlanjut panjang, sudah berbumbu kata-kata emosi dan cenderung bukan merujuk ke pencarian informasi yang benar. tapi mengalahkan dan menyudutkan lawan bicara. tambahannya ya lawan bicara juga diserang oleh pemirsa yang menyaksikan twitwar dan memiliki kesamaan opini dengan pemenang.

capek? jelas. kesel? jelas. Puas? terkadang.

biasanya Twitwar berangkat dari perbedaan opini, penyepelean etika atau background individu yang datang dari dua badan yang memang berseteru didunia nyata. alasan biasanya ya itu. kalau memang perbedaan opini, biasanya twitwar ini yang secara konten lumayan memberikan informasi kepada para penyimak. tapi kalau twitwar yang ada dari penyepelean etika biasanya lumayan absurd. ini berhenti hingga salah satu sedikit dewasa untuk mereda. kalau yang memang dari dunia nyatanya berseteru, ini yang berpotensi jadi debat kusir.

Tapi ya, tidak bisa dipungkiri Twitwar adalah salah satu hal yang menghiasi dunia Twitter indonesia. tapi memang lebih baik ketika perbedaan pendapat terjadi, ada hal-hal yang tetap harus dipegang teguh. seperti etika dan fokus ke penyelesaian masalah. minimal supaya bisa dinikmati oleh saya yang jadi pemirsa. :D

Saya belum pernah terlibat di Twitwar, Kalau anda?

About Author

Mohamad Ario Adimas
Penulis saat ini aktif sebagai praktisi di dunia Komunikasi pemasaran industri telekomunikasi.

2 Comments

  1. ndop

    pertamaxx! yes jadi paham apa itu twitwar… tadi mau nanya temen tapi sungkan.. mending cari tahu sendiri baru nanya, alhamdulillaaah nemu blog ini.. makasih..

    Reply
    1. arioadimas (Post author)

      wah thanks ya sudah baca, maklum iseng aja temanya :D

      Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *